Rapat Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar_Kampus Merdeka

Jumat, 23 Oktober 2020 Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, FITK, IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan rapat tentang informasi Kurikulum Merdeka Belajar_Kampus Merdeka.

Rapat dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB bertempat di ruang jurusan Tadris Bahasa Indonesia dibuka dengan pengarahan oleh Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. sebagai ketua jurusan Tadris Bahasa Indonesia.

Selanjutnya dipaparkan terkait Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka serta hasil kegiatan Workshop Kurikulum FITK 2020 di Grand Tryas oleh Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd. sebagai sekretaris Jurusan Tadris Bahasa Indonesia.

“Adapun beberapa informasi dari workshop kurikulum yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon di Hotel Grand Tryas kemarin” ungkap Rianto, M.Pd. (dosen Bahasa Indonesia) antaralain:

  1. Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka direncanakan tahun akademik depan (2021)
  2. Jika ada kemungkinan sedikit SKS yang diampu maka sisanya penelitian, berkarya (kata prof. Trisno)
  3. Perlu adanya diskusi mendalam mengenai kurikulum ini di jurusan masing-masing dan ditindaklanjuti pada RDK kamis sore, 15 juli 2020.

Tanggapan Rianto dari diskusi grup:

  1. Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka menekankan mau jadi apa profil lulusan prodi kita.
  2. Tentang Mata Kuliah sastra usulan dari Bu Ita, dramaturgi apakah nomenklaturnya berbeda dengan apresiasi/kajian drama? secara praktik menghasilkan pementasan seperti Pak Tato setiap tahunnya. Artinya mahasiswa telah mengalami proses pengalaman belajar dalam sastra baik cipta / praktik yang terdiri dari prosa, puisi, dan drama. (Catatan: untuk puisi dan prosa sudah di menulis kreatif/membaca komprehensif)
  1. Terkait menitip esensi sebuah Mata Kuliah  mungkin akan terjadi seperti yang Ibu Indrya katakan. (Mungkin nanti perlu dipetakan apa Mata Kuliah yang bisa disisipi)
  2. Mata Kuliah digitalisasi, nama Mata Kuliahnya mngkin diubah menjadi Digitalisasi Pembelajaran (BSI).

Berdasarkan masukan dari diskusi tersebut, maka postur kuikulum disepakati seperti berikut ini.

No. Kode MK Sumber Mata Kuliah SKS
1   Institut Pancasila 2
2   Pendidikan Kewarganegaraan 2
4   Studi al-Qur`an 2
5   Studi Hadis 2
6   Metodologi Studi Islam 3
7   Bahasa Arab 1 2
8   Bahasa Arab 2 2
9   Bahasa Inggris 1 2
10   Bahasa Inggris 2 2
11   Kajian Cirebon 2
14   Fakultas Ushul al-Tarbiyah 3
16   Ilmu Pendidikan Islam 3
20 Keterampilan Menyimak 2
21 Membaca 2
22 Berbicara 2
23 Menulis Kreatif* 2
24 Menulis Ilmiah* 3
Penyuntingan* 3
25 Jurnal Daring* 2
26 Bahasa Linguistik Umum 3
27 Fonologi 2
28 Morfologi 3
29 Sintaksis 3
30 Semantik 3
31 Sosiolinguistik 2
32 Psikolinguistik 2
33 Analisis Wacana 2
34 Sastra Teori dan Pendekatan Sastra 2
35 Apresiasi Puisi dan Prosa 2
36 Apresiasi Drama 2
38 Pembelajaran Kajian Kurikulum 3
39 Digitalisasi Pembelajaran 3
40 Kapita Selekta Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia 3
41 Penelitian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif 3
42 Metode Penelitian Bahasa 2
43 Metode Penelitian Sastra 2
44 Skripsi 6
45 Lintas Ilmu Jurnalistik 2
46 Teknik Wawancara dan Repostase 2
47 Teknik Penulisan Berita 2
48 Kewirausahaan dan Halalpreneurship 2
49 Pengantar Ekonomi dan Manajemen 2
50 Tarjamah Indunisiyyah-Arabiyyah 2
51 Indonesian to English Translation 2
  Madrasah
1 Magang Psikologi Pendidikan 2
2 Kerja Tim 3
3 Penyusunan Bahan Pembelajaran 3
4 Penyusunan Strategi Pembelajaran 3
5 Penyusunan Evaluasi Pembelajaran 3
6 Pembelajaran Mikro 3
7 Penelitian Tindakan Kelas 3
Lembaga BIPA
1 Kerja Tim 3
2 Kapita Selekta BIPA 2
3 Pengenalan Budaya 3
4 Pengembangan Bahan Ajar BIPA 3
5 Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran BIPA 3
6 Pengembangan Media Pembelajaran BIPA 3
7 Pengembangan Evaluasi Pembelajaran BIPA 3
Media Massa
1 Kerja Tim (3)
2 Strategi Komunikasi (3)
3 Kode Etik Jurnalistik (3)
4 Manajemen Publikasi (2)
 5 Desain Komunikasi Visual (3)
 6 Fotografi (3)
 7 Bahasa Jurnalistik (3)
Scroll to Top